IT Blog

Uncategorized

Berkenalan Lebih Dekat dengan Fiber Optik

Mayoritas para pekerja di bidang telekomunikasi mungkin sudah memahami dan familiar dengan kata fiber optik. Namun apakah masyarakat awam tahu betul apa itu fiber optik? Pada kesempatan kali ini Infitech akan membahas secara singkat dan jelas tentang apa itu fiber optik.
Fiber optik merupakan saluran transmisi yang berupa kabel yang terbuat dari kaca atau plastik memiliki ukuran yang sangat kecil dan halus. Kabel fiber optik itu sendiri memiliki diameter kurang lebih 120 mikrometer yang berarti ukurannya lebih kecil dari rambut manusia. Fiber optik digunakan untuk mentransmisi sinyal dari suatu lokasi ke lokasi lainnya, dan dapat pula menjangkau jangkauan yang cukup jauh.


Keunggulan Fiber Optik
Fiber optik, juga memiliki banyak keunggulan diantaranya :
1. Kecepatan transmisi data dapat mencapai 1GB per detik.
2. Ukuran kabel yang kecil, fleksibel dan tahan karat karena terbuat dari kaca dan plastik.
3. Non- Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api.


Selain memiliki banyak keunggulan, fiber optik berfungsi untuk menghubungkan antar komputer dengan komputer lainnya melalui satu jaringan yang sama. Dapat memberikan akses maupun mentransfer data dengan kecepatan yang tinggi dan ketahanan kabel fiber optik terhadap gangguan elektromagnetik. Oleh karena itu saat ini, mayoritas perusahaan telekomunikasi di Indonesia telah menggunakan fiber optik sebagai penunjang bisnis perusahaan mereka. Karena fiber optik dinilai lebih efisien akan bentuk, gangguan cuaca dan efisien biaya perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *